Keren, Raket Nyamuk Bisa Untuk Menyalakan Lampu TL


 Dapatkan sekarang Di Bhinneka.com

Sekedar iseng ya sahabat, semoga artikel ini juga bermanfaat bagi sahabat pembaca, barangkali ada sahabat yang ingin mencobanya karena penasaran. Ok langsung saja, berikut persiapan bahan dan alat-alatnya;

Raket Nyamuk

1. Raket nyamuk
2. Lampu TL (bekas)
3. Solder
4. Timah solder
5. Obeng &
6. Multitester

Setelah semua bahan dan peralatan komplit pertamakali saya bongkar atau pisahkan tabung lampu TL dari modulnya, karena hanya itu yang di butuhkan, saya cek setiap filamennya menggunakan multitester, alhamdulillah kondisi masih ok, hanya modulnya saja yang rusak.

Kedua saya bongkar raket nyamuk tersebut menggunakan obeng dan langsung saya ambil modulnya, karena sebelumnya raket nyamuk ini kondisinya sudah kurang ok, maka saya cek and ricek lagi menggunakan multitester, ternyata ketemu sumber permasalahannya yaitu pada saklar, saklar kadang konek kadang tidak saat di tekan, saya buang saja saklar tersebut dan saya sambung langsung tanpa saklar.

Langkah berikutnya adalah menyatukan kedua bahan tersebut antara tabung lampu TL dan modul raket nyamuk secara langsung, yaitu sambungkan filamen tabung lampu TL pada output modul raket nyamuk seperti pada tampilan gambar di atas. Jika keduanya sudah tersambung berikutnya adalah mengkoneksikan input modul raket nyamuk dengan sumber tegangan baterai yang sudah ada pada raket nyamuk tersebut seperti gambar di atas. 

Langkah terakhir adalah cukup dengan menekan saklar, maka lampu akan langsung menyala, nyala lampu tersebut kurang terang, tapi setidaknya lumayan buat keadaan urgent.

* Hati-hati! output dari modul pada raket nyamuk tersebut mengeluarkan tegangan tinggi.

Ok sahabat, semoga sedikit pengetahuan dan artikel yang minim kata yang saya share ini bermanfaat bagi sahabat pembaca. Terimakasih atas kunjungannya dan salam sukses.

0 komentar:

Post a Comment